Good habits need consistency.

Sudah dua setengah bulan Liora gosok gigi! Yeay! Saya senang karena saya tetap konsisten membersihkan gigi Liora saat mandi. Meski tidak mudah hiks. Perjalanan menggosok gigi ini penuh tantangan. So far banyak dramanya. Fiuh! Tapi mamak nggak menyerah!

Baca juga: Liora 12 Bulan: Gosok Gigi Yuk!

Jadi bisa dipastikan kalau saat mandi Liora teriak-teriak, tandanya gigi lagi dibersihkan. Membersihkan gigi dengan sikat gigi lumayan sulit untuk anak seumuran Liora. Karena masih sulit untuk mengajaknya mangap lebar dan untuk hiiii menunjukkan gigi-giginya. Kumur-kumur dan meludah pun belum bisa. Pernah sih Liora bergaya meludah gitu. Tapi cuma gaya doang tanpa ada yang diludahkan haha.

Akhirnya saya memutuskan untuk memberihkan gigi dengan kain kassa yang diberi odol. Jadi relatif lebih mudah bagi saya untuk membersihkannya karena bisa merasakan gigi-gigi yang kira-kira kotor karena bekas makanan. Sekalian juga saya bersihkan lidah, dinding dan langit mulut. Juga lebih aman sih soalnya kalau pakai sikat gigi takut tersodok dinding mulutnya atau gusinya dan berakhir sariawan. Selain itu, bisa kelihatan kotoran yang ada di giginya setelah selesai membersihkannya dari kain kassanya.

Meski membersihkan dengan kain kassa, saya juga memberikan sikat gigi ber-odol untuk Liora pegang sebagai latihan menggosok gigi sendiri. Dia sih udah paham kalau untuk bersihkan gigi. Gayanya itu lho kayak lagi gosok gigi tapi ya nggak nyikat giginya. Pastinya ya karena motorik kasarnya terhadap aktifitas menggosok juga belum sempurna 🙂 Belum pernah sih saya coba mengajarkan gosok gigi dengan mengarahkan tangannya. Tapi pasti akan saya ajari. Sekarang masih fase membiasakan dulu untuk dibersihkan giginya dan dipegangi sikat gigi–yang terkadang juga sikat gigi bareng saya.

Belakangan ini Liora susah sekali dibersihkan giginya. Kebetulan di Instagram ada yang share cara menggosok gigi pada batita. Saya biarkan Liora juga menonton. Surprisingly, sorenya Liora tidak menangis sama sekali! Saya pikir, manjur juga ya nontonin video itu.

Atau… apa ada hubungannya juga dengan ganti odol? Odol yang Pigeon sudah habis. Sebelum benar-benar habis, saya beli odol baru dengan produk yang beda. Jack N’ Jil rasa raspaberi. Produk ini made in Australia dan menggemakan bahwa cruelty free, not tested on animal. Teksturnya beda dengan Pigeon, lebih kental dan tidak berwarna. Varian rasanya lebih banyak dari Pigeon yang hanya ada stroberi dan jeruk. Bahkan ada yang tanpa rasa. Lalu kemasannya saya lebih suka dibanding Pigeon yang tutupnya harus diputar dulu.

Pasta gigi Jack N’ Jill dapat digunakan sejak usia 6 bulan karena: 1) kandungan yang alami, 2) aman jika tertelan, 3) SLS free, 4) no fluoride, 5) no sugar, 6) no artificial color, dan 7) no parabens. Kalau berbicara kandungannya, saya rasa Jack N’ Jill lebih alami daripada Pigeon.

Kandungan Pigeon: Dicalcium Phosphate Di-hydrate, Purified Water, Glycerin, Maltitol, Trimagnesium Phosphate, Carrageenan, Flavor, Alcohol Denat, Sodium Lauryl Sulfate, Methylparaben, Propylparaben, CI 14720 (Carmoisine). Sementara Jack N’ Jill (rasa raspaberi Liora miliki, mungkin beda rasa ada beda kandungannya di bagian tertentu, mungkin): Xylitol, Purified Water, Glycerin (Coconut derived), Silica, Organic Raspberry Flavor (Rubus Idaeus), Xanthan Gum, Organic Calendula Officinallis Extract, Potassium Sorbate (Naturally derived), Citric Acid.

Berbicara harga, Jack N’ Jill jelas lebih mahal, yakni Rp65.000,oo/50g (via official shop Shopee). Saya dapat harga Rp60.000,oo karena emang cari harga miringnya sih di Shopee wkwkwk.

Beberapa hari aman tanpa penolakan dan tangisan……

Sampai akhirnya, sejak sekitar empat hari lalu Liora mulai ribut lagi kalau dibersihkan giginya. Sempat terpikir apa Liora mau tumbuh gigi ya, soalnya setiap sentuh gusi kok menangis. Saya cek, ah belum ada tanda-tanda.

Baca juga: Liora 9 Bulan: Pertama Tumbuh, 4 Gigi!

Akhirnya kemarin saya tontonkan video yang waktu itu lagi. Sorenya, Liora nggak nangis waktu dibersihkan giginya! Apa bener ini gara-gara video itu ya? Pokoknya random banget deh, kadang nolak, kadang nangis, kadang mau, kadang kudu mamaknya hebring pake segala cara supaya mau mangap. Jadi, kalo udah gerakan tutup mulut untuk membersihkan gigi (bukan GTM makan lho ya wkwk), saya tontonin lagi aja video gosok gigi.

Baca juga: Bye-bye Idealisme Seorang Ibu

Memang tetap harus konsisten nan semangat! Dan sedihnya, gigi Liora seperti ada karang giginya lho… Kenapa yaaa. Dan rencananya mau ke dokter gigi spesialis anak. Ternyata di Lampung ada yeay!