Demi apa saya tu lama bener memutuskan mau beli botol minum seperti apa untuk Liora. Terlalu banyak pertimbangan. Selalu. Apapun itu. Tidak hanya botol minum. Tapi akhirnya menemukan botol minum yang PAS. Saya senang! Hahaha.

Pertimbangannya dalam memilih botol minum anak:

Pencarian saya dimulai dengan Dr. Brown’s: Baby’s First Straw Cup (made in USA). Sudah nyaris mau beli tetapi ada yang saya kurang sreg dengan desainnya. Saya baru ngeh ketika menonton review di Youtube. Tapi berawal dari botol inilah saya jadi tahu botol mana yang seharusnya saya beli. Pertama, ada pemberat di ujung sedotannya yang berfungsi supaya ketika anak  minum dalam kondisi miring atau tidur, air tetap bisa disedot karena pemberat otomatis mengikuti gaya gravitasi. Kedua, komponen bisa dilepas: botol, tutup, pegangan, dan sedotan sehingga memudahkan saat pencucian. Tetapi, bukaan tutupnya kurang simpel. Harus dipencet dan tutupnya mencuat keluar. Jadi kurang cantik aja gitu.

Hasil gambar untuk tumtum straw sippy cupTUM TUM Sippy Cup Bundle

Lalu saya menemukan TUM TUM Sippy Cup (made in UK). Tampilannya manis, ada telinganya gitu. Saya juga nyarisss beli ini. Tetapi teringat poin kedua tentang komponen botol. Produk ini pegangannya tidak bisa dilepas. Hiks. Padahal unyu. Dan bukaannya pun seperti yang saya harapkan. Ketika dibuka dan sedotannya mencuat, si tutupnya hanya berpindah tempat ke sisi belakang.

BOTBOT

Lalu meneruskan pencarian. Ketemulah dengan Zoli BOT (designed in the US and manufactured in China or Taiwan). Cocok sekali lah ini. Bukaan tutupnya yang saya inginkan, komponen bisa dilepas, dan ada pemberat di sedotannya. Eh ada tapi lagi. Pegangannya menyatu dengan tutupnya. Kalau-kalau Liora nggak mau pakai pegangannya, ya otomatis tidak pakai sedotan. Juga, modelnya terlalu simpel.

Hasil gambar untuk lion star sedotan

Akhirnya saya berhenti dulu mencari-cari dan beli tempat minum sedotan murah produk Lion Star. Harganya tidak sampai 10 ribu malah. Tapi okelah untuk awalan belajar minum pakai sedotan sebelum mendapati/memilih botol mana yang akan dibeli karena lumayan pricey. Jadi sembari observasi apakah perlu beli straw sippy cup. Ternyata cukup challenging pakai ini. Namanya anak bayi yang suka lempar-lemparin barang, ketika tempat minum ini jatuh atau karena dilempar (haha), buyar semua isinya karena tutupnya nggak rapat.

Akhirnya munculah satu produk straw sippy cup di Instastory saya. Semacam ada sponsored Instastory gitu. Langsung saya lihat dan cucok! Dengan ketidaksengajaan muncul di iklan melalui Instagram, akhirnya Liora punya stray sippy cup!

Straw Sippy Cup Lollacup Bold Red (made in USA)

Langsung jatuh cinta karena desainnya yang lucu bangeeeet. Entah itu karakter ayam atau burung. Menurut saya itu ayam dan persis dengan shio Liora (penting banget haha). Jambulnya bikin gemes.

Bukaan tutupnya praktis, tinggal geser ke sisi belakangnya dan sedotannya pun akan mencuat. Sedotannya terbagi atas dua komponen atas dan bawah. Yang atas sangat lembut dan yang bawah merupakan pemberat sedotan. Lubangnya besar, makanya dalam deskripsi produk cocok untuk usia 9 bulan ke atas. Kalau usia lebih kecil takutnya tersedak.

 

Deskripsi Lollacup

Lollacup ini tentu BPA, BPS, dan phthalate free. Tersedia 7 varian warna dengan ekspresi yang berbeda. Iya, mulutnya tuh beda-beda bentuknya, jadi bikin tambah gemes. Lalu kapasitas botolnya 296ml, pas untuk ukuran toddler. Pegangannya botol yang unik karena terpasang pada dasar botol. Juga sangat gagah karena lekukan yang besar sehingga anak dengan mudah menggenggamnya. Sedotan terbuat dari silikon dan sangat lembut. Di bagian bawah sedotan ada pemberat yang difungsikan supaya ketika anak minum dalam kondisi miring, pemberat tersebut mengikuti airnya (ya karena gaya gravitasi sih haha).

Keliatan kucel ya sedotannya

Pengalaman Menggunakan Lollacup

Liora senang minum pakai Lollacup. Really. Mungkin karena batin dia, akhirnya gue punya botol minum sedotan yang mudah dipegang dan tidak mudah tumpah LOL. Selama Liora pakai Lollacup nggak pernah ada kejadian tumpah meski sudah dilemparnya atau jatuh. Dia pun suka gigit-gigit sedotannya–mungkin karena gemas betapa lembutnya sedotan Lollacup itu. Tapi sayangnya yang ujung sedotan disebut pemberat yang mengikuti kemana air bergerak tidak terbukti benar. Ketika Liora minum dengan (air yang tinggal sedikit) agak miring botolnya, pemberatnya tidak fleksibel mengikuti airnya. Jadi botolnya harus tegak saat airnya diminum.

Kalo hal pencucian sangat mudah. Untuk membersihkan sedotannya pun tidak perlu bingung pakai apa karena saat kita beli Lollacup sudah tersedia pula sikat kecilnya. Nah hal yang cukup membuat saya kecewa adalah sedotannya yang bisa meninggalkan bekas warna. Sedotan bagian ujung luar menguning. Mau disikat seperti apa tetap saja tidak bisa putih semula. Ya memang sih kita bisa beli sedotannya secara terpisah kalau ingin ganti, tapi kan… yaaah… Jadi keliatan kusam. Tapi kalo mau beli sedotannya aja kok ya gak rela. Pasti nanti sedotannya berubah warna lagi 😑

Untuk hal kepraktisan, Lollacup cukup praktis. Semua bagian bisa dilepas. Tapi memang sih pegangan botolnya terlalu lebar jadi kalau masuk diaper bag agak memakan tempat. Tapi pengalaman saya, saya lepas pegangannya dan botol dimasukkan dalam tempat khusus botol susu.

Secara keseluruhan, tidak ada masalah yang berarti. Mudah digunakan dan dicuci serta produknya lucu dan enteng dibawa. Meski sedotannya bisa berubah warna (jadi kucel) dan tak bisa seputih semula, saya tetap suka botol ini selama Liora lahap minum.

Yak akhirnya pencarian saya berahir setelah punya Lollacup. Harganya lumayan pricey mencapai 200+k. Tapi karena saya rajin scroll Shopee, saya bisa nemu dengan harga 164k haha lucky me.

Ngomong-ngomong saya baru aja beli nih tempat minum Pigeon Mug Mug Training Cup. Beli karena multi-function dan bisa jadi gantinya Lollacup kalau lagi dicuci hehe. Belum ada seminggu, nanti bakalan review juga tentang training cup yang satu ini.

Semoga postingan ini bermanfaat! Think before you act. Have a nice day!

Note: Kebetulan pas difoto, Lollacup Liora lagi diisi jeruk perasan.

 

 

Sharing is caring. Love,

 

 

 

 

Credit:

Pic 1&2: https://www.drbrownsbaby.com/products/babys-first-straw-cup/

Pic 3: https://www.amazon.co.uk/Tippy-Sippy-Boris-Bear-200ml/dp/B01MRNQTUU

Pic 4: https://www.tumtumtots.com/tum-tum-sippy-cup-bundle.html

Pic 5&6: https://zoli-inc.com/products/bot

Pic 7: http://www.lionstar.co.id/product-view/369