MOTHERHOOD

11 Hal Bakal Kamu Alami Ketika Jadi Ibu Menyusui #2

…SEBELUMNYA #1

1. Yang satu dinenenin, yang satu rembes. Ini dua nenen tapi sendiri-sendiri pabriknya. Gimana kalo jadi satu aja?

2. Lagi mandi ada hangat-hangat. Bukan hangat tai ayam ya hangat ASI yang tiba-tiba mengalir hingga ujung kaki. Ohkay, mandi susu.

3. Bayi mandi susu, asi muncrat ke wajah bayi. ASI yang ngucurnya deras kadang dikomplain bayi dengan cara menolak nenen. Ya gimana dong nenennya nggak ada kran yang bisa kita atur seberapa deras ngalirnya. LOL. Jadi lagi deras-derasnya terus tiba-tiba dilepas dari mulutnya, auto muncrat deh. 

4. Nenen adalah jawaban dari setiap tangisan. Lagi nggak deket si bayi, eh ada yang nangis langsung buru-buru deketin, digendong, dan masih nangis. Yaaak jurus terjitu, sodorin nenen. Case closed.

5. Asi membanjiri kasur di saat tidur. Saat ngantuk-ngantuknya dan tengah malem si bayi minta nenen. Nyot nyot nyot si emak merem lagi sampe nggak sadar si bayi udah lepas nenen dan entah bangun-bangun kasur basah ASI.

6. Kebal masuk angin, lupa tutup nenen, ketiduran dan topless. Ilustrasi mirip dengan poin di atas. Hahaha. Kadang kalo bajunya bagian leher nggak melar, mau nggak mau angkat kaos sampe atas dan lupa apa namanya masuk angin, yang penting tidoooor.

https://www.instagram.com/p/Bs4tEhCADSt/?utm_source=ig_web_copy_link

7. Bengong saat menyusui. Zonk moment banget kalo kayak gini apalagi kalo HP lagi jauh di Kutub Utara. Kadang kalo ikutan merem, ketiduran, malah jadi nggak produktif. Sibuk tapi bengong: menyusui.

8. Kaki sangat berguna saat menyusui. Bayi nenen dan si emak bengong. Cari HP lah. Eh di ujung kasur. 

9. Nenen cenat cenut karena di… nggak cuma digigit tapi ditarik! Solusinya ya, tutup aja idung si bayi ntar pasti dilepas haha.

10. Wajah bisa jadi lahan bermain tangan dan kaki anak saat menyusu. Terus pas mandi ada perih-perih ternyata lecet dikruwek bayi.

11. Panggil anak dengan menunjukkan nenen, maka dia akan datang. Udah siap di kasur mau tidur, si bayi asik sendiri. Keluarin nenen dan ada magnet khusus yang narik si bayi hahaha. 

Nggak kerasa sudah setahun menyusui Liora. Sekarang bilangnya nggak kerasa. Waktu lagi drama menyusui kerasa banget! Ternyata ketika udah dilalui terasa biasa dan semacam oh gue udah lolos dari masa itu.

Ya begitulah drama menyusui banyak banget. You will know and understand once you experience it

Terima kasih sudah membaca!

 

 

Sharing is caring. Love,


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *