LIORA's JOURNAL tips

Liora 9 Bulan: Pertama Tumbuh, 4 Gigi!

The art of being a mother: simple thing that matter.

Bayi mulai tumbuh gigi di usia 6 bulan. Waktu itu, saat Liora berusia 6 bulan, saya udah ke-GR-an di saat Liora demam dan rewel. Saya kira tumbuh gigi karena gusinya mulai putih. Ternyata giginya nggak nongol sama sekali. Jadi demamnya bukan karena mau tumbuh gigi. Ealah! Tapi bisa jadi saat itu si gigi lagi bergerak signifikan mau ke permukaan tapi lagi cari jalan keluar. Mungkiiin lho haha!

Liora 6 bulan, demam dan rewel

Baca juga: Demam Pertama Kali

Mulai heran kenapa gigi Liora tak kunjung tumbuh. Padahal kalau nenen suka iseng gigit pelan puting saya dengan ekspresi gemas. Tapi nyatanya nggak ada gigi yang tumbuh. Saat Liora suka menggigit iseng puting saya itu hanya terjadi di sekitar usia 6 bulan. Selebihnya tak ada tanda-tanda. Akhirnya ya sudahlah, lama-lama kan tumbuh sendiri. Sampai pada suatu hari…

Seperti biasa, saya bercanda bersama Liora hingga Liora tertawa lebar. Dan yap! Saya menangkap ada corak beda di gusi bawah. Bukan lagi pink warnanya, tetapi ada corak putih. Segera saya cek dengan memasukkan jari dan menyentuh gusinya. Permukaannya kasar!

Hore! Liora tumbuh gigi! Saat itu Liora berusia 9 bulan. Akhirnya gigi yang dinanti tumbuh juga! Haha saya kegirangan. Langsung WA Putra dan cerita ke mama saya. Bahagia seorang ibu sesimpel itu! Ehehe.

Herannya, tidak ada tanda-tanda tumbuh gigi yang katanya rewel lah, ngences lah dll. Justru Liora tidak gigit puting, air liur tidak banyak dan tidak ngences, tidak rewel, semua biasa saja pokoknya.

Masa iya nggak ada tanda sama sekali? Saya pikir-pikir deh. Ternyata susah makannya Liora adalah sebab dari tumbuhnya gigi itu! Memang saat itu Liora susah sekali makan. Sampai pusing dan stres kalau sudah masuk jam makan Liora. Pasti susah minta ampun.

Karena tau kalau Liora tumbuh gigi, akhirnya makan Liora turun tekstur– jadi lembut kembali. Berharap bakalan mau karena tinggal telen, nggak perlu dikunyah. Hasilnya? Ya tetep aja nggak mau makan lah! Segala cara dicoba. Memang termasuk parah waktu itu Liora nggak mau makan.

Di tengah galaunya Liora susah makan, saya terus cek gusi, melihat sampai mana tumbuh giginya. Sudah menembus gusi kah? Sudah naik ke permukaan kah? Sebenarnya juga saya mau mewanti-wanti aja kalo-kalo Liora mulai gigit puting. Jadi perlu persiapan diri juga saya nya haha.

Baru nongol sedikit, lah saya lihat ada yang baru lagi nih. Dua gigi atas nongol! Kegirangan lah saya. Sekalinya tumbuh empat. Senangnya tuh lebih kepada kalo setiap tumbuh dua gigi lalu gigit puting, coba deh ada berapa kali nantinya masa puting saya digigit. Ngeri lah. Kalau empat sekaligus lumayan lah masanya gak sebanyak kalau tiap tumbuh dua. Haha perhitungan banget ya? Ya iyalah! Gila aja sakit lho puting digigit!

Lucunya, Liora mulai gigit puting saat giginya udah nongol semua. Nah! Sakit banget lah pas digigit apalagi tuh gigi udah nongol gagah. Jadinya selalu reflek teriak sampe Liora nangis karena kaget. Udah kaget, sakit pula! Sampe puting saya menyisakan jejak gigi Liora 😂 Untuk meminimalisir sakit digigit, biasanya saya liat ekpresinya. Kalau ekspresinya mulai gemes-gemes dan mulutnya seperti siap gigit, tangan saya siap-siap di atas hidungnya. Kalau gigit, saya katup hidungnya supaya lepasin cengkraman giginya. Tapi emang gak selalu efektif sih. Pernah, gigitannya malah makin kuat 😔 Kalau saya mau tarik, ntar kalo puting saya ketinggalan di mulut Liora gimana? Ngeri. Terkadang juga kalo ada tanda mau gigit, nggak saya kasih nenen. Sekiranya sudah aman, dengan deg-degan saya kasih sambil tahan napas dan tangan saya siap di atas hidungnya. Rasanya puting saya punya jantung. Berkedut was-was takut digigit hahaha.

Berikut foto Liora yang keliatan gigi bawahnya. Susah euy mau pamer gigi Liora. Udah banyak gerak, susah diajak foto. Ini kebetulan aja lagi jepret-jepret saat si doi jalan (pake walker) ke belakang rumah, terus nangis karena nggak bisa masuk rumah lagi karena walker-nya kesangkut sendal haha. Dari foto Liora 1 – 5, mana yang paling gemes? Kalo saya sih nomor 3. Gaya meweknya kagak nahan!

Ciri umum gigi bayi mau tumbuh: ngences, rewel, gusi bengkak, suka menggigit benda di sekitar termasuk puting!, susah makan, demam. Kalau Liora sih hanya susah makan. Hanyaaaaaaaa haha tapi susahnya boook bikin pusing! Tips menghadapi bayi yang lagi tumbuh gigi, ya sabar aja lah! Cuma itu hahaha.

Yaaaah masih panjang drama tumbuh gigi, semoga puting saya baik-baik saja 😅😅😅 Kadang ngeri juga dengan pengalaman ibu-ibu yang putingnya sampe lecet dan luka karena anaknya tumbuh gigi. Empat gigi pertama Liora, puji Tuhan tidak meninggalkan luka 😆 Semoga selanjutnya pun demikian. 

 

 

Sharing is caring. Love,

 

 

 

Copyright: Text & Photo by marthagiotita La Young Mama

1 thought on “Liora 9 Bulan: Pertama Tumbuh, 4 Gigi!”

Leave a Reply

Your email address will not be published.