my DIY

DIY: Liora’s Health Journal

Journal is the way I cherish Liora’s moment of growth.

Terinspirasi dari saya yang banyak maunya. Saya maunya, semua tersimpan rapi termasuk pertumbuhan, kesehatan, dan vaccine history Liora–khususnya di satu catatan/buku yang tidak mudah tercecer. Saya juga maunya buku itu seperti yang saya mau, yaitu agak lucu-lucu dikit gitu (lucu versi saya). Lalu saya maunya saya sendiri yang buat! Hahaha. Kenapa? Soalnya, KMS (Kartu Menuju Sehat) dari rumah sakit tuh hanya sebuah lembaran yang ditekuk jadi empat, macam leaflet. Lalu, baru beberapa kali vaksin aja space catatan saat visit ke dokter sudah penuh. Belum lagi kalau ditempel label vaksin yang memakan tempat. Nggak seru banget KMS-nya. Kalau beli, emang ada yang jual seperti yang saya mau?

KMS Liora sudah penuh dan diberi yang baru. Ih males banget kan punya KMS dua-duan segala mungkin bakal tiga, empat, lima. Ntar tercecer lalu hembuh kemana. Lalu catatan kesehatan/vaksin Liora bakalan menghilang, lalu lupa udah sampai mana vaksin yang Liora terima. Padahal vaksin nggak cuma saat bayi doang. Nanti setelah umur berapa gitu bakalan vaksin lagi. Selain itu, niat saya tu nanti ketika Liora besar bakal saya kasih lihat. Biar dia seneng gitu (Iya kalo seneng haha). Paling tidak, saya yang seneng deh wkwk.

Apa sih Liora’s Health Journal ini? Jurnal yang berisi tentang kesehatan Liora. Meski format isinya lebih kepada vaccine journey, tapi sebenarnya bisa diisi catatan-catatan lain seperti apa yang diresepkan dokter kalau ada keluhan atau milestone Liora seperti pertama kali tengkurap, merangkak, dll. Makanya pakai kata health daripada vaccine supaya lebih besar cakupannya.

Rempong ya buat dan cetak jurnal sendiri? Big NO. Soalnya hanya bermodal laptop, internet, printer, kertas HVS, kertas foto, Rp1.000,oo, dan NIAT, saya bisa membuat Health Journal ini, lho. Membuat dengan Ms. Publisher lalu gambar-gambar diambil dari Google. Kalau desain gambarnya sendiri saya belum bisa. Jadi, thanks to Google saya jadi bisa memperunyu jurnal ini. Untuk halaman sampul saya print dengan kertas foto (kebetulan punya, kalau enggak ya pakai kertas biasa wkwk). Rp1.000,oo pun digunakan untuk jasa staples tengah ke fotokopi terdekat, setelah distaples, setiap sisi buku dirapikan dengan dipotong supaya simetris.

Apa saja kontennya?

Sampul depan
Halaman pertama: informasi singkat bayi yang bersangkutan
Halaman isi: informasi dasar bayi saat visit ke dokter
Penting untuk meminta label vaksin untuk memastikan vaksin tersebut asli (harusnya transparan labelnya, tetapi karena saya pindah tempelan label dari KMS, jadi kertas KMS-nya ikut deh di labelnya wkwk)
Pojok atas: label vaksin, dibawahnya ditambah foto bayi sesuai usia saat itu. Lalu ada space catatan di paling bawah
Halaman tengah: jadwal imunisasi, nomor dengan pena merah merujuk pada halaman di jurnal itu, to the moment when the vaccine was injected.

Baca juga: Vaksin 10 Bulan Pertama

Segala DIY saya nantinya disebut magiota karena versi simpel dari marthagiotita
Sampul belakang

Udah gitu aja sih. Proses membuatnya, tiga hari haha lama ya? Ya iyalah! Punya bayi yang kalo ngilang bentar dari pandangannya aja dicari. Buatnya pun disela si bayi tidur. Kalau pas tidur siang: perasaan baru content brainstroming, eh si bayi udah bangun aja. Pas malem: lagi seru-serunya ngerjain, eh si bayi nangis minta nenen karena haus. Atau, ikutan tidur sama si bayi. Ya begitulah kenapa lama juga jadinya nih buku. Harus curi-curi waktu.

my DIY: Health Journal

Seru juga sih buat sendiri. Ada kepuasan tersendiri aja. Jadi nagih buat sesuatu yang bisa dibuat sendiri. Kalau kalian gimana? #timapaadanya atau #timbanyakmaunya seperti saya?

Sharing is caring. Love,

 

 

 

Copyright: Text & Photo by marthagiotita La Young Mama

4 thoughts on “DIY: Liora’s Health Journal”

    1. Makasih Mbak. Bener banget Mbak, nyenengin. Jadi seneng aja mandang buku yang berwarna dan lucu ehehe.

  1. Ahhh lucu bangettt!! Sayangnya aku gak sekreatif itu:( mau cari jasa custom juga dimana ya huhu btw anak kita lahirnya sama 2018 cuma bedanya anakku july

    1. Aku aja kali yang terlalu niat. Sampe DSA anakku aja heran sempet2nya buat kayak gitu haha. Kalo mau custom mungkin bisa ke jasa yang suka buat journal book gitu deh. Pasti lagi lucu-lucunya nih seumuran segitu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *