LIORA's JOURNAL tips

MPASI #1: What to Prepare

Mama learns how to feed, Liora learns how to eat.

Sudah 6 bulan Liora ASI ekslusif. Di bulan keenam, pasti semua Mama super excited untuk mengenalkan makanan pada bayinya. Tidak terkecuali saya. Rasanya tangan ini sudah gatal ingin berjibaku di dapur menyiapkan makan untuk Liora. Dan jempol ini pun aktif geser sana-sini di layar ponsel untuk mencari tahu bahan-bahan makanan yang cocok untuk bayi yang baru saja akan memulai pengalaman makannya.

Hal apa yang pertama kali diberikan pada bayi yang mulai makan? Jawabannya pasti seragam, bubur nasi atau nasi tim. Jujur, saya belum bisa membuat bubur, apalagi bubur yang dibuat dengan porsi kecil untuk bayi (mungkin lebih ke arah malas ya, hahaha *bukan panutan*). Dan untuk nasi tim, saya memang sengaja untuk meberikannya setelah satu atau dua bulan Liora MPASI. Karena nasi tim tidak sepenuhnya lembut dan belum cocok untuk sistem kerja makan bayi. Juga, membuat nasi tim butuh waktu yang lama hingga semua lunak.

Jadi di postingan ini saya tidak membahas tentang peralatan MPASI-nya, melainkan bahan apa yang paling tidak tersedia di rumah untuk bayi yang baru memulai makan. Ini berdasarkan pengalaman saya. Kembali lagi, kondisi setiap bayi berbeda. Ada yang cocok dan tidak. Dan saya membagikan hal yang telah saya dan Liora alami 😊

🥣 Tepung organik. Dengan tepung ini cara membuatnya mudah dan cepat. Tidak perlu menghaluskan lagi dengan saringan kawat atau blender. Tinggal ditambah sayur, lauk protein, atau buah. Liora punya tepung beras merah dan tepung ubi ungu. Dua saja cukup karena satu kemasannya 250 gram, bisa untuk berbulan-bulan. Tepung organik yang saya beli ini produk Bionik Farm Organic. Beli di Shopee karena gratis biaya pengiriman. Lumayan… Harga agak lupa. Mungkin sekitar Rp25.000,oo (cmiiw).

🥣 Extra virgin olive oil atau yang biasa disebut EVOO. Ada empat jenis olive oil atau minyak zaitun, dan EVOO memiliki kualitas paling tinggi. Melihat banyak khasiat dalam EVOO ini, saya tertarik untuk membeli dan menambahkannya pada makanan Liora. Apalagi, lemak sangat dibutuhkan bagi bayi untuk pertumbuhannya. Nah, minyak zaitun ini tinggi lemak. Minyak zaitun juga bisa mengatasi sembelit. Terlebih pada bayi yang mulai MPASI, rentan mengalami sembelit. Penggunaan EVOO ini hanya dengan menambahkannya pada makanan bayi (baca artikel lainnya di sini). Saya beli produk Bertolli 250 ml, karena yang ada ini. Pengennya Casa de Oliva for Kids karena ada ‘for kids’-nya. Saya pikir lebih ramah anak. Ternyata EVOO yang lain pun sama saja. Banyak juga yang pakai Bertolli. Harga sekitar Rp60.000,oo – Rp75.000,oo (cmiiw).

🥣 Unsalted butter atau mentega tawar. Nah ini menganduk lemak tinggi juga sama seperti EVOO. Jadi, terkadang saya memberikan EVOO atau UB. Fungsinya sama, menambah lemak. Jadi, diselang-seling tergantung jenis MPASI apa yang saya masak. Sebenarnya salah satu saja tak apa. Tapi karena waktu itu saya belum ngerti amat, beli dua-duanya deh. Lagi diskon soalnya hahaha. Kenapa unsalted? Iya tanpa garam. Karena garam berlebih tidak baik untuk ginjal bayi. UB yang saya beli ini produk Elle Vire 10 pcs masing-masing 10 gram. Harga sekitar Rp25.000,00 (cmiiw).

🥣 Chia seeds. Merupakan biji-bijian yang mengandung banyak nutrisi (bisa baca di sini). Tidak berasa maka banyak cara variasi cara mengonsumsinya. Dicampur dengan minuman, jus, buah, puding, adonan kue, dll. Ketika terkena air mengembang dan seperti jeli. Mirip banget dengan selasih. Yang membedakan kandungannya. Saya sering menambahkannya pada buah. Beli dengan kemasan 50 gram kira-kira Rp15.000,oo. Cara menyajikannya super mudah hanya dengan ditabur, mengapa tidak untuk dibeli. Apalagi mengandung banyak kebaikan.

🥣 Oatmeal, kacang hijau kupas, kacang merah. Ketiga bahan ini untuk selang-seling saja, menghindari bosan. Ketiganya pun bagus untuk dikonsumsi bayi. Dan untungnya saya membelinya. Terkadang Liora ‘hoek’ dengan tepung beras atau tepung ubinya. Sepertinya Liora ‘eneg’. Dan ketiga bahan ini gantinya. Sebelum dimasak, ketiganya saya blender dan saring hasil blendernya. Baru dimasak dengan api kecil. Harganya masing-masing tidak sampai Rp10.000,oo per 100 gramnya.

🥣 Abon. Untuk menambah nafsu makan atau rasa yang lebih ramah, abon penolongnya. Saya membeli produk Pieng Hoo Baby Gold Abon Ayam. Produk ini memiliki banyak varian seperti abon tuna, salmon, dll. Katanya khusus untuk bayi. Tapi saya sampai sekarang belum tau apa bedanya dengan abon yang orang dewasa biasa makan. Karena dari bahannya pun sepertinya sama saja. Tapi whatever, asal baik untuk bayi tak ada yang perlu dirisaukan. Harganya sekitar Rp35.000,oo untuk kemasan 80 gram.

Anggap saja itu ayam hahaha

Itulah bahan primer yang selalu ada di rumah. Sayur, lauk, dan buah mengikuti apa yang dimasak keluarga di rumah (dimasak tersendiri). Sejauh ini, Liora paling suka oatmeal. Mungkin karena rasanya yang tawar dan ketika dicampur sayur lauk atau buah tidak begitu nano-nano rasanya.

Tips ekonomis: Beli tepung organiknya satu macam saja. Karena 250 gram itu banyak juga dan bisa sebulan lebih. Apalagi kalau mau diselang-seling dengan yang lain. Beli EVOO atau UB, salah satu dulu saja. Kalau habis ya beli lagi. Lalu kalau mau beli oatmeal, kacang hijau, kacang merah, dll. beli eceran per 100 gram. Banyak di Shopee yang menjual per 100 gram. Kenapa? Kembali lagi, habisnya bisa sebulan lebih. Wkwkwk. Lebih ekonomis lagi kalau pakai beras putih di rumah saja.

Karena saya berpikir supaya Liora mengenal banyak rasa dan melahap banyak kebaikan, saya beli hal-hal di atas, apalagi dengan masa kadaluarsa yang lama. Tidak ada salahnya juga. Semua tergantung situasi, kondisi, dan pada akhirnya keputusan masing-masing ibu.

 

 

Happy eating!

Love,

 

 

 

Copyright: Text & Photo by marthagiotita La Young Mama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *