FAMILY LIORA's JOURNAL tips

Liora 7 Bulan: Ikut Jalan Sehat

The key of being health: be positive.

Akhir bulan September lalu, ada sebuah kegiatan jalan sehat yang diadakan oleh SMA dimana Putra bersekolah dulu. Saya sepat ragu untuk ikut. Kalau Liora rewel gimana? Kalau nangis? Kalau pengen nenen? Terus, Liora bakalan digendong atau naik stroller? Ah pusing sendiri mikirnya. Tapi di sisi lain, pengen juga sih ikut jalan sehat karena saya ingin Liora mengeksplor dunia luar dengan melihat kendaraan melintas, sawah, rumah-rumah, lapangan, dll. Selain itu juga supaya Liora terbiasa di tempat ramai. Kegiatan ini juga bisa jadi quality time kami bertiga. Paling tidak, di kesempatan ini Putra berkontribusi lah untuk ‘momong’ Liora, meski hanya mendorong stroller 😅

Nah! Yang jadi pikiran, Liora bakal digendong atau naik stroller? Menurut Putra, bakalan ribet kalau bawa stroller dan takutnya nanti nggak betah. Soalnya, sempat kita jalan-jalan dan Liora nggak betah di stroller. Akhirnya minta digendong. Lantas, Liora bakalan digendong terus sepanjang jalan?

Saya sih nggak mau pake banget kalau Liora digendong. Saya bisa encok sepulang jalan sehat. Dan Putra sih katanya mau gantian menggendong Liora. Eits! Apa Liora mau? Dan, pasti Liora bakalan capek digendong terus. Bayi kalau banyak digendong juga capek, ya kan? Lantas, kalau Liora naik stroller, bakalan betah nggak ya?

Keinginan untuk tidak ikut jalan sehat pun semakin kuat. Banyak hal yang saya khawatirkan, termasuk diri saya–apakah saya siap. Kuncinya juga berada pada saya sebenarnya. Ketika di tengah jalan, saya yang juga mulai lelah berjalan lalu Liora rewel. Nah loh! Mumet kan. Tapi kok saya juga pengen ikutan jalan sehat? Mulai plin-plan.

Warga lingkungan rumah ternyata pada ikut jalan sehat. Waduh, jadi kepengen! Akhirnya, saya memutuskan untuk positive thinking dan percaya pada diri sendiri juga Liora tentunya, bahwa semua akan baik saja. Tidak hanya berbekal itu saja, saya juga langsung menyiapkan kemungkinan terburuk. Bahkan sampai saya dan Putra berpikiran untuk pulang di tengah jalan kalau Liora rewel wkwkwk.

So,let’s anticipate the worse case!
Sarapan sebelum berangkat. Sebelum berangkat jalan sehat, pastikan dalam kondisi kenyang. Saya memberikan susu dan sarapan di rumah. Saya memang tidak membiasakan Liora makan sambil jalan-jalan. Jadi saat berangkat dari rumah, Liora kenyang saya pun senang.
Memakai pakaian serap keringat. Jalan sehat di hari yang cerah pasti akan banyak keringat yang keluar dari tubuh. Makanya, saya memakaikan kaos dan legging pada Liora. Supaya nyaman.

Kelihatan kan banyaknya mainan Liora haha

Siap mainan pada stroller. Dengan perjalanan yang kurang lebih empat kilometer dan itu cukup jauh dijangkau dengan jalan kaki, maka untuk mengantisipasi Liora bosan, saya kerahkan segala mainan dan gigitan yang dimiliki Liora. Meriah pokoknya.


Bawa diaper bag. Ini penting! Bawa bayi itu berarti bawa kehidupannya, alias segala kebutuhannya. Susu, snack, popok, pakaian, tisyu, pembersih, dll. Maka dari itu,
Siap sedia minum dan makanan. Karena Liora minum susu kombinasi, ASI dan susu formula, makanya saya sedia juga susu formula. Berikut air panas dan air suhu sedang. Selain itu, Liora juga saya bawakan snack.
Membawa baju ganti. Bayi pasti menunjukkan reaksi tidak nyaman saat merasa gerah atau kepanasan. Sesampainya di sekolah, Liora mulai tidak nyaman. Setelah digantikan baju, Liora sudah tak lagi gelisah.
Membawa toiletries. Tisyu kering, tisyu basah, washlap, sabun, minyak telon, bedak, dan plastik. Plastik tentu untuk membungkus popok sekali pakai yang sudah penuh.


Jalannya tak selalu mulus, ada juga yang berbatuan besar seperti ini.

Miliki kontak official produk stroller. Ini penting bagi saya. Awalnya ragu membawa stroller karena jalan yang tidak selalu mulus. Takut lecet atau gimana-gimana strollernya. Meski itu hanya ketakutan saya saja. Jadi awal baru membeli stroller saya langsung menghubungi kontak official produk strollernya tentang spare part. Syukurlah, tersedia. Hahaha memang terlalu. Karena peralatan bayi itu investasi menurut saya.
Tidur sebelum kegiatan dimulai. Jalan sehat di bawah sinar matahari pasti suhu meningkat dan menyebabkan lengket pada tubuh akibat keringat. Bayi rentan rewel di momen ini. Apalagi kalau ditambah si doi mengantuk karena itu jam tidurnya. Oleh karena itu, sebelum acara dimulai, saya menidurkan Liora. Hal ini sebenarnya berlaku untuk acara apapun, sih. Supaya ketika acara, si kecil tak lagi rewel dan menikmati acara.

Dan…


Liora haus? Mama udah ready pegang susu untukmu.

Surprisingly, Liora enjoyed the health walking! Aman terkendali sampai finish. Ternyata tidak seperti yang dibayangkan. Sebaliknya, di jalan bahkan Liora mengoceh sendiri. Tetap… selama perjalanan saya tidak mengabaikan Liora, artinya dengan memperhatikan kebutuhan Liora dengan membuatkannya susu.


Sebelum jalan sehat. Paling kanan, Yangtinya Liora. No 2 dari kanan, Budenya Liora.

Sometimes we overthink something. It is important to maintain our mind into something positive. And that day, I was so happy having morning walk with my husband and Liora. Endorphins in my body released and it boost my good mood.

 

Sharing is caring.

Love,

 

 

 

Copyright: Text & Photo by marthagiotita La Young Mama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *